Sunday, June 8, 2008

Tips: Agar tidak mabuk muntah di kendaraan mobil dalam perjalanan

Jelasnya ini bukan mabuk karena minuman alkohol. Malu, keok, khawatir hilangkan perasaan itu, jika Anda, istri atau anak-anak sering mabuk (muntah, mabok) waktu bepergian jauh. Memang jika hal itu sering terjadi, bisa mengganggu kesenangan berlibur anda se-keluarga atau se-rombongan. Khususnya bagi anak-anak yang lagi sedang menikmati libur sekolah. Pada umumnya ada tiga jenis mabuk kendaraan yaitu mabuk darat, mabuk laut, dan terakhir mabuk udara. Saya pikir mabuk udara hal paling jarang terjadi. Nah, mabuk darat salah satunya yang paling sering terjadi... selain mabuk laut.

Ada beberapa sih menurut saya, penyebab terjadinya mabuk (darat) atau muntah ketika berkendaraan mobil, yaitu karena
1. Alergi bau parfum, AC mobil,
2. Kelelahan fisik,
3. Kelelahan mata / pusing.
4. Mobil yang terlalu kencang.

Jadi agar tidak mabuk waktu ber kendaraan (mobil). Untuk mengatasinya ada beberapa cara nih, yaitu:
1. Bila alergi dengan bau parfum atau AC mobil maka matikan ac dan bukalah jendela kendaraan mobil anda agar udara segar masuk ke dalam mobil (lebarnya tergantung kondisi udara diluar bersih / kotor). Cara yang begini juga sangat berguna kalau ada yang sering nge bom (sorry kentut) dalam kendaraan.
2. Bila fisik terlalu lelah, sebaiknya minum obat anti mabuk (tidur) seperti Antimo di perjalanan atau sebelum berangkat. Dan sebaiknya sebelum berangkat atau ketika istirahat di perjalanan, isi dengan sarapan makanan atau makan snack ringan dulu. Terserah sarapannya (seperti mie, nasi goreng dll), atau bisa cari makanan-makanan ringan (tahu, tempe goreng diselingi permen, dll) yang paling kamu suka untuk dinikmati di perjalanan.
3. Pada umumnya mabuk terjadi mungkin karena pusing atau mata lelah. Ini terjadi mungkin karena faktor usia (tua atau kanak-kanak) atau mata yang ada kelainan atau mata yang sering lelah, hingga bila melihat sesuatu yang cepat menjadi hanyut pusing. Bila kelelahan mata atau pusing terjadi, sebaiknya di perjalanan, tidur pejam saja terus sambil duduk dengan kepala bersandar lemas. Dan sebaiknya jangan dipaksakan tidur (biarkan anda tertidur sendiri), santai relaks sambil dengar-dengar musik atau ngobrol atau dengar ngobrol (kaya di inabobo).
4. Semua orang punya daya tahan sendiri" terhadap gaya / goncangan (getaran) mobil..... Jika mobil terlalu kencang diperjalanan, ini tinggal tergantung daya tahan masing-masing, ikut hanyut atau tidak. Untuk mengatasinya bisa lewat cara bersandar pejam seperti nomor 3 di atas, biarkan kepala tetap rileks, atau yang paling ampuh marahin saja sopirnya, suruh pelan-pelan!
5. Cara-cara yang lain, boleh anda tambahkan sendiri. Bila berencana libur, selamat menikmati berlibur.

8 Komentar :

Bursa Mobil Second Solo on September 16, 2008 at 2:39 AM said...

tipsnya bagus.. selamat malam.. salam kenal

Yulidta timory said...

Mgkin boleh saya coba tp saya mau tanya apabla yang mabuk tidak mau makan diperjalanan dan sering mual dan takut waktu meliht mobil dan merasa mual dan pusing bgmana cara mengatasinya thanks

Tips Agar Tidak Mual/Mabuk said...

Sudah seharusnya perlu untuk sarapan sebelum berangkat, minimal ada yang dimakan untuk mengganjal perut, juga tidak lupa sesekali2 meminum air putih selama perjalanan.
Ada juga sih beberapa orang memakai tips seperti mengerjakan aktivitas yang melelahkan atau juga tidak tidur beberapa jam sebelum berangkat, jadi pada saat berangkat di tengah perjalanan pasti dijamin tertidur lelap saat diperjalanan, hingga akhirnya saat terbangun hampir/sudah sampai ditempat tujuan.

Anonymous said...

Perjalanan yang paling nyaman dimalam atau subuh hari, hindari melakukan perjalanan dihari yang terik dan panas.

Anonymous said...

menutup pusar saat dengan plester saat melakukan perjalanan dapat mengurangi rasa mual/mencegah muntah, mudah2n bermanfaat.

Tips agar tidak muntah said...

jika merasa mual dan hendak muntah, saya akan makan permen ....
selamat menikmati perjalanan, bro!

Anonymous said...

kalalu misalnya perut ini nggak mau nerima makanan gimana...??? habis makan, langsung muntah,habis makan langsung muntah....

gimana tuh cara ngatasinnya...???
thanks...:)

agustono on April 30, 2013 at 6:48 PM said...

Pada dasarnya pusing dikendaraan itu karena tidak maksimal menghirup oksigen.

Post a Comment

Cari di blog

 

Masukkan Code ini K1-C7534F-2
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Biar Cool